Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Pefri Amsari, Haryati Ahda

Abstract


Pemahaman konsep matematis adalah merupakan suatu kemampuan pengusaan materi dan kemampuan  siswa dalam memahami, menyerap, menguasai, hingga mengaplikasikannya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan metode discovery learning yang valid, priktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di kelas VII MTS Robitotul Istiqomah tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar validasi, angket, dan tes pemahamn konsep matematis siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis discovery learning materi bangun ruang sisi datar valid, praktis, efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan penilaian dari validator LKPD discovery learning memperoleh skor 260 dan termasuk kategori “valid”. Penilaian guru terhadap LKPD memperoleh skor 34 dengan kategori “sangat praktis” untuk digunakan. Sedangkan berdasarkan respon siswa terhadap LKPD memperoleh persentase 82,16% dengan kategori “positif” yang berarti juga praktis untuk digunakan. Hasil belajar siswa pada tahap akhir pembeljaran mencapai 83,67% sehingga dapat disimpulkan LKPD ini efektif diguunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa

Full Text:

PDF

References


Abdul, M. (2017). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru,. PT.Rosdakarya.

Defenisi. (2017). Defenisi,fungsi dan Tujuan Penulisan Modul. http://www.wawasan-edukasi.web.id/2015/09/definisi-fungsi-dan-tujuan-%0Apenulisan.html

Hafeez, A., Harijanto, E., & Meizarini, A. (2012). Mikrostruktur permukaan resin akrilik heat cured setelah kontak larutan cokelat. Jurnal Material Kedokteran Gigi, 1(1), 59–67.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: sesuai dengan KTSP. In Akademia Permata. Akademia Permata.

Pratito, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) BANGUN Ruang Sisi Datar Bernuansa Etnomatematika Kelas VIII SMP. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Takwa ”Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Kelas Xi Man 1 Makassar” Skripsi UIN Alauddin Makasar 2017.

Faisal, Abdul Aziz. “Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian Kemampuan Pemahaman Konsep, Penalaran dan Komunikasi serta Pemecahan Masalah” http://abdulazisfaizalmpd.gurusiana.id/article/penilaian-matematika-1051030 (21 September 2017).

Susana, A. (2019). Pembelajaran discovery learning menggunakan multimedia aktif. Tata Akbar. Model Discovery Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis (Vol. 9). Universitas Muhammadiyah Lampung.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.284

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah