Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Ananda Aulia, Saiful Bahri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKPD berbasis POE yang layak untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik MTs Islam Azizi Medan; (2) mengetahui besar peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan LKPD berbasis POE; dan (3) mengetahui besar peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan LKPD berbasis POE. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan desain 4D Models yang terdiri dari empat tahap, yakni Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan LKPD berbasis POE dengan kategori sangat baik dan layak digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA; (2) peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan LKPD berbasis POE ditunjukkan dengan nilai standard gain sebesar 0,726 dengan kategori tinggi; dan (3) peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan LKPD berbasis POE ditunjukkan dengan nilai standard gain sebesar 0,445 dengan kategori sedang

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alwi, H. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian: Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmawati, E.Y.S. (2015) Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan matematika, 3(1), 1-16.

Azwar, S. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Borich, G. D. (1994). Observation Skill for Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.

Cahyani, N., Fihrin, H., & Kade, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Pendidikan matematika, 4(2), 31-35




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.283

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah