Pengaruh Model Pembelajaran Kumon Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Nur Ainni, Siti Khayroiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kumon dengan adanya perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat pemahaman konsep matematis siswa kelas X MA Taruna Teknik Al Jabbar Medan, pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah instrument tes dan dokumentasi. Sebelum diberi perlakuan yang berbeda, masing-masing kelas diberikan pretest sehingga diperoleh rata-rata kelas eksperimen 49,68, sedangkan kelas kontrol 44,52. Setelah perlakuan diberikan kepada kedua kelas, maka diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 87,90, sedangkan kelas kontrol 81,29. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa rata – rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran kumon lebih tinggi dari pada hasil belajar yang di ajarkan dengan metode konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran Kumon berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Anca M.N.U. (2016). Pengaruh Metode Kumon Terhadap Kemandirian dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Putra SMP Takhassus Nuril Anwar Loano Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Apriana, D. (2014). Implementasi Metode Kumon Dalam Pelajaran Matematika Pada Kelas Rendah Di SDN 2 Sukamulia. Jurnal Educatio, 9 (1), 71-98.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4 (2), 32-44.

Halimah. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kumon Terhadap Pemahaman Konsep

Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA MAN Sidrap. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Haryanti, Y. D., & Nurjanah, S. (2018). Model Kumon Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Pecahan Siswa Kelas III Di SD Negeri Majalengka Kulon VII. Jurnal Taman Cendekia, 2 (2), 239-246.

Hutagalung, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Budaya Toba Di Smp Negeri Itukka. Journal Of Mathematics Education And Science. Vol 2 (2), hal 70-77.

Karyanti, K. (2017). Pengaruh model pembelajaran kumon terhadap pemahaman matematis ditinjau dari gaya kognitif peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas viii smp negeri satu atap 4 pesawaran (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Mawaddah, S, dkk. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4 (1), hal 76-85.

Nila, K. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam pembelajaran matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Shoimin, A. (2018). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono 2017, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung:Alfabeta

Widiawati, N., & Sofyan, D. (2013). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Antara Yang Mendapatkan Metode Kumon Dan Metode Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2), 99-110.

Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. PT. Fajar Interpratama Mandiri: Kencana

Yayuk, E., Ekowati, D. W., Suwandayani, B. I., & Ulum, B. (2018).Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.282

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah