Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Minat Belajar Siswa Tingkat SMA/Sederajat Pada Masa Pandemi di Kabupaten Padang Lawas

Rizki Rahmadani Siregar, Dedy Juliandri Panjaitan

Abstract


Pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19 ini tidak menutup kemungkinan bahwa banyak siswa dan guru yang merasa kesulitan dalam melaksanakan proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran matematika sehingga siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh kecemasan matematika terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif karena bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMA/Sederajat di Kabupaten Padang Lawas yang dibatasi pada lima sekolah, yaitu: SMK Negeri 1 Aek Nabara Barumun, SMK Swasta Al-Huda, SMK Swasta Yapim Barumun Tengah,  MAS Al-Falah, dan MAS Darurrisalah Padang Hunik.. Sampel penelitian sebanyak 136 dengan pengambilan secara Random. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah angket google form yang telah di uji validitas. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh kecemasan matematika terhadap minat belajar anak

Full Text:

PDF

References


Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika Dan Pemahaman. 6(20), 12–22.

Ruskandi, J. H. (2021). Kecemasan Remaja pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 3(3), 483–492. https://doi.org/10.37287/jppp.v3i3.530

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Situmorang, A. S., & Siahaan, F. B. (2019). Desain Model Pencapaian Konsep Belajar Mahaiswa Fkip Uhn. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 25(1), 55–61. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/penelitian/article/viewFile/15533/12300




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.281

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah