Hubungan Antara Habits of Mind dan Keyakinan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Lily Suryani, Irham Habibi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara: 1) habits of mind terhadap hasil belajar matematika siswa SMP; 2) keyakinan matematis terhadap hasil belajar matematika siswa SMP; 3) habits of mind dan keyakinan matematis secara bersamaan terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang sesuai dengan tujuan peneliti yaitu Ex post facto yang bersifat deskriptif dan korelasional. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dan ganda yang  dibantu oleh aplikasi SPSS versi 25. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: hipotesis pertama memproleh hasil ( ) dengan besar korelasinya sudah cukup yaitu  sebesar 0.553 dan nilai memiliki determinasi hubungannya sebesar 0.306 (30,6%); hipotesis kedua memproleh hasil ( ) dengan besar korelasinya sudah kuat yaitu  sebesar 0.734 dan nilai memiliki determinasi hubungannya sebesar 0.539 (53,9%); hipotesis ketiga memproleh hasil ( ) dengan besar korelasinya sudah kuat yaitu  sebesar 0.769  dan nilai memiliki determinasi hubungannya sebesar 0.592 (59,2%).  Sehingga dapat disimpulkan bahwa: 1)  ditolak dan  diterima, yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara habits of mind terhadap hasil belajar matematika siswa SMP; 2)  ditolak dan  diterima, yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara keyakinan matematis terhadap hasil belajar matematika siswa SMP; 3)  ditolak dan  diterima, yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara habits of mind dan keyakinan matematis terhadap hasil belajar matematika siswa SMP.

Full Text:

PDF

References


Agung, D. R. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Permainan Terhadap Belief Matematika Siswa (Issue 0231).

Dwi, E. W., Suangga, L. A., & Sina, I. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. 15(1).

Eka, P., Nuurjannah, I., Hendriana, H., Fitrianna, A. Y., Cimahi, S., & E-mail, K. P. (2018). Faktor Mathematical Habits Of Mind dan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat. 2(2), 51–58.

Firman, Hasan, P. A., & Ardianti. (2021). Korelasi antara Habits of Mind terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sendana selama Periode Belajar dari Rumah. 4, 1–6.

Isharyadi, R., & Deswita, H. (2017). Pengaruh Mathematical Beliefs Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma. 6(April), 1–10.

McLeod, D. B. (1989). Beliefs , Attitudes , and Emotions : New Views of Mfect in Mathematics.

Toheri, & Winarso, W. (2017). Improving Algebraic Thinking Skill , Beliefs And Attitude For Mathematics Throught Learning Cycle Based On Beliefs. 78290.

Wiyono, A., Anggo, M., & Kadir. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Mts Negeri 1 Kendari. 6(2), 113–126.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.280

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah