Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Tugas Materi Peluang

Khairuna Asri Daulay, Saiful Bahri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dialami siswa dalam mengerjakan tugas pada materi peluang di kelas VIII MTs Amal Shaleh Tahun pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi disekolah tersebut. Dengan Subjek penelitian siswa kelas VIII A yang berjumlah 32 orang. Adapun Hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan memberikan pembelajaran yang lebih efektif dengan memberikan latihan soal-soal yang banyak kepada siswa setelah memaparkan materi. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahap yaitu dengan menggunakan metode tes tertulis dan wawancacra. Dimana siswa diberikan soal kemudian berdasarkan hasil pengerjaan siswa diwawancarai berdasarkan kesalahan yang mereka alami. Sehingga dapat disimpulkan bahwa  masih banyak terdapat kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Dan dapat diminimalisir dengan memberi banyak latihan soal kepada siswa

Full Text:

PDF

References


Balfour, R. J. dkk. (2015). Blended Learning and Open and Distance Learning: Implication for Best Practice in Higher Education. South African Journal for Open and Distance Learning Practice. 37 (1), hlm. 1-23.

Creswell. (2009). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah, Syaiful Bahri. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka

Cipta.

Driscoll, M. (2002) Blended Learning: Let’s Get beyond the Hype. IBM Global Services. http://www-07.ibm.com/services/pdf/blended_learning.pdf

Elfindri. dkk. 2011. Soft Skills untuk Pendidik. Jakarta: Baduose Media.

Garrison, R. & Kanuka. (2004). Blended Learning: Uncovering its Transformative Potential in Higher Education. The Internet and Higher Education, 7 (2004), hlm. 95–105.

Gie, T.L. (1991). Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty.

Glaser, B.G. & Strauss, A.L. (2006). The Discovery of Grounded Theory. New Brunswick: Aldine Transaction.

Grabinski, K., Kedzior, M., & Krasodomska, J. (2015). Blended learning in Tertiary Accounting Education in the CEE Region-A Polish Persfective. Journal Accounting and Management Information System. 14(2), hlm. 378-397.

Graham, C.R. 2005. Blended Learning Systems: Definition, Current Trend, and Future Directions. Handbook of blended learning: GLobal Perpectives, Local Design. San Fransisco: Pleiffer Publishing.

Herawati. 2011. Blended Learning untuk Menyiapkan Siswa Hidup di Abad 21. Makalah Seminar Nasional 2011, Pengembangan Pembelajaran berbasis Blended Learning. Universitas Negeri Malang.

Horn, M. B. & Staker, H. 2011. The Rise of K-12 Blended Learning. Innosight Institute. Public Impact.

Horn, M., & Staker, H. (2015). Blended: Using disruptive innovation to improve schools. San Francisco: Jossey-Bass.

Mudlofir. A. (2012). Pendidik Profesional: Konsep Strategi dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidik di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdul. (2005). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurdin, Ichsan. 2013. “Blended Learning dalam Pembelajaran”. http://daeng-icn.blogspot.co.id/2013/12/blended-learning-dalam-pembelajaran.html. (Diakses tanggal 14 Februari 2017).

Payong. M. R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru: Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya. Indeks. Jakarta.

Piaget, J. dan Inhelder, B. (1971). Mental Imagery in Child. New York: Basic Books.

Prayitno, Wendhie. (2015). “Implementasi Blended Learning Dalam Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah”. http://lpmpjogja.org/wp-content/uploads/2015/02/Blended-Learning_Wendhie.pdf. (14 Februari 2018).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung. Alfabeta.

Surya, M. (2008). Menjadi Guru : Saripati pengalaman Lima Puluh Tahun Berkhidmat Sebagai Guru. Bandung: Bhakti Winaya

Suyanto dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Usman, M.U. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Widhiarso, W. 2009. "Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Umum Kependidikan". Makalah disampaikan pada kegiatan seminar dan sarasehan di FIP UNY tanggal 14 Februari 2009




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.272

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah