Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Berdasarkan Kriteria Watson

Winda Aprilia Hasibuan, Irham Habibi Harahap

Abstract


Artikel  merupakan hasil Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal himpunan dengan panduan kriteria Watson, dan untuk mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal himpunan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, jumlah subjek terdiri atas 33 orang siswa kelas XI MTs Al-Jamiyatu Washliyah Tembung tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian yang peneliti gunakan adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan  tes, wawancara, dan dokumentasi sebagai instrumen bantu. Teknik analisis data yang peneliti gunakan berdasarkan kriteria Watson yaitu data tidak tepat (ID), prosedur tidak tepat (IP), data hilang (OD), Kesimpulan hilang (OC), konflik level respon (RLC), manipulasi tidak langsung (UM), masalah hirarki keterampilan (SHP),  Selain ketujuh diatas (AO). Hasi dari penelitian ini adalah : (1) Kesalahan yang dilakukan siswa di MTs Al-Jamiyatul Washliyah adalah kesalahan kategori kesalahan data tidak tepat (ID), kesalahan prosedur tidak tepat (IP), kesalahan kesimpulan hilang (OC), kesalahan konnflik respon (RLC), kesalahan manipulasi tidak langsung (UM), kesalahan selain ketujuh diatas (AO)

Full Text:

PDF

References


Amril, A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan pada Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 3 Cakkeawo Kabupaten Luwu (Doctoral dissertation, IAIN Palopo).

Andriani, L. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Meyelesaikan Soal Himpunan di Program Studi Pendidikan Matematika UIN SUSKA RIAU. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 550-562.

Andiana, N., & Fauzan, A. (2020, September). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Viii Smp Di Kota Padang Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson

ASHARI, M. L. (2015). Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Kelas VIII A-1 Di MTs Negeri Munjungan

Badriyah, U. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Himpunan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas VII-A MTs Aziddin Medan T.P 2016-2017

Hadi, K., & Dazrullisa. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Hasanah, A. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan pada siswa kelas vii smp swasta Al-Washliyah 8 Medan tahun ajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Kamariah, K. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Berdasarkan Kriteria Watson di Kelas VII MTs Syekh Yusuf Sungguminasa Kabupaten Gowa (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Khusnatun, K., Danaryanti, A., & Sari, A. (2020, September). Analisis Kesalahan Ditinjau Dari Jawaban Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Berdasarkan Kriteria Watson Pada Siswa Sma Negeri Se-Banjarmasin Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. In UrbanGreen Conference Proceeding Library (Vol. 1, pp. 34-39).

Ndriani, L. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Meyelesaikan Soal Himpunan di Program Studi Pendidikan Matematika UIN SUSKA RIAU. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 550-562.

Sari, S. J., & Yuwono, T. (2020). Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 219-228.

Wulandari, V. A. (2016). Analisis Kesalahan Dalam Memecahkan Masalah Open Ended Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson Pada Materi Pecahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Jember




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.216

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah