Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelipatan dan Faktor Bilangan Melalui Penerapan Metode Drill di Kelas IV SD Negeri 101777 Saentis

Nurlaini Nurlaini

Abstract


Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode drill serta adakah peningkatan prestasi belajar pada materi kelipatan dan faktor bilangan di kelas IV SD Negeri 101777 Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan Deli Serdang. Dari hasil penelitian, pada pra tindakan sebelum metode Dril diterapkan rata rata siswa pada pelajaran matematika dengan materi kelipatan dan faktor bilangan hanya 58,93 dengan siswa yang tuntas hanya 10 orang, pada siklus 1 pembelajaran dengan metode Drill diterapkan pada materi Kelipatan perseketuan terkecil (KPK) diperoleh nilai rata-rata 68,21 naik menjadi 76,43 pada siklus 2, demikian juga untuk jumlah siswa yang tuntas dari siklus 1 yang hanya 12 siswa (42,85%) naik menjadi 76,43 (96,42%).  Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Drill pada pembelajaran Matematika dengan materi kelipatan dan faktor bilangan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 101777 Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan Deli Serdang.

Full Text:

PDF

References


Ali, M. 1998. Penelitian Kependidikan Dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Anni, C., Ahmad Rifai, Eddy Purwanto, & Daniel Purnomo. 2006. Psikologi

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astuti, T. 2009. Pemanfaatan Lingkungan Perkebunan sebagai Sumber Belajar dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Bandung. UPI.

Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Boediono. 2001. Strategi Belajar Biologi. Yogyakarta: BPFE

Chotimah,H&Y. witasari. 2009.Strategi Pembelajaran Untuk Penelitian Tindakan Kelas. Malang:Surya Pena Gemilang.

Christijanti, W& A. Marianti. Aktivitas mahasiswa dalam perkuliahan fisiologi hewan dengan pendekatan jelajah alam sekitar.Jurnal Pendidikan vol 24 (01): 72-77.

Darsono, M., A Sugandhi, Martensi, RK Sutadi & Nugroho. 2000. Belajar danPembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Dimyati & Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Indriani, H. K., & Panjaitan, D. J. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(2).

Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudhofir. 1999. Prinsip-prinsip Pusat Pengelolaan Sumber Belajar. Bandung: Rosdakarya.

Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Panjaitan, D. J. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 4(2), 60-65.

Sudjana. 2003. Pendidikan Berwawasan Lingkungan. Surabaya: Institut Keguruan Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.213

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah