Penerapan Metode Buzz Group Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungsi di SMP Negeri 6 Pagaralam

Novi Susanti, Neni Lismareni, Ria Erviana

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa selama diterapkan metode Buzz Group dan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan metode Buzz Group pada materi fungsi di kelas VIII SMP Negeri 6 Pagaralam. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu kategori one-shot case study. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes kemudian data dianalisis secara deskriptif. Setelah diadakan penelitian didapat rata-rata hasil belajar siswa adalah dalam kategori baik. Jadi, dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode diskusi buzz group memberikan pengaruh yang positif. Karena. Metode buzz group kreatifitas siswa dapat tersalurkan. Selain itu, siswa dapat belajar bersosialisasi dengan orang lain dan saling berbagi ilmu yang dimiliki. Dengan menggunakan metode buzz group motivasi siswa untuk belajar menjadi lebih besar dan lebih baik.

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alma, B. (2010). Menguasai Metode Dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Megawati, F.R. (2011). Penerapan Pembelajaran Operasi Pada Bilangan Bulat Berbasis Teori Gagne Dengan Metode Diskusi Buzz Group Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Jember Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Universitas Jember.

Rasyid, H dan Mansur. (2011). Penelitian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.

Rizki, A.M dan Rosyidi. A.H. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Induktif Strategi Buzz Group Pada Materi Bentuk Pangkat Kelas X IPS 3 SMAN Taman Sidoarjo. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha.

Salam, B. (2004). Cara Belajar Yang Sukses Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.205

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah