Pengembangan Learning Management System (LMS) Edmodo Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk SMA Negeri 7 Lhokseumawe

Aklimawati Aklimawati, Erna Isfayani, Yeni Listiana, Wulandari Wulandari

Abstract


Kegiatan penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengoptimalkan pembelajaran menggunakan teknologi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 yang mengharuskan pembelajaran berkonversi dari manual menuju digital. Tantangan guru menghadapi keterbatasan situasi pandemi Covid-19 untuk berlatih pembelajaran secara daring. Pengembangan Learning Management System (LMS) berbasis android bertujuan untuk melihat kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media, kepraktisan berdasarkan angket respon peserta didik serta keefektifan modul berdasarkan ketuntasan belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain ADDIE. Hasil penelitian ini antara lain: (1) validasi  ahli materi  bernilai  96,25% dan reliabilitas bernilai 85,71% dengan kategori sangat baik, (2) validasi ahli media bernilai 90% dan reliabilitas bernilai 76,19% dengan kategori sangat baik dan (3) nilai respon peserta didik  sebesar 89,06%, dengan kriteria sangat praktis dan ketuntasan hasil test bernilai 88% dengan kategori memenuhi kriteria pencapaian ketuntasan. Sehingga didapat Media pembelajaran (LMS) Berbasis Android (edmodo) dinyatakan layak, praktis dan efektif untuk digunakan

Full Text:

PDF

References


Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 8-12.

Alifa, Egha Putra, & dkk. (2020). Pengembangan Smartphone Learning Management System (S-LMS) Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMA. Jurnal Kreano.

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian dan Pengembangan Research & Development Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil. Malang: Literasi Nusantara.

Ibda, H. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi Baru di Perguruan Tinggi dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Jalabahasa.

Ibda, H. (2020). Dosen Penggerak Literasi : Praktik Baik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Semarang: CV Pilar Nusantara.

Kattoua, Tagreed, Musa Al-Lozi, & Ala'aladin, A. (2016). A Review of Literature on E-Learning Systems in Higher Education. International Journal of Business Management & Economic Research, 754-762.

Listiawan, T. (2016). Pengembangan Learning Management System (LMS) di Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Tulung Agung. JIPI.

Mimbadri, Y., Suharto, S., & Oktavianingtyas, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Online Classflow Berbantuan Software Geogebra pada Materi Integral Luas Daerah. MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 121-130.

Ramdani, A. (2014). Penggunaan Aplikasi Learning Management System (LMS) Edmodo Berbasis Android terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran KKPI. Bandung: Skripsi Universitas Pendidikan Indoesia.

Rismaini, L., Debby, E., & Syelfia, D. (2019). Pengembangan Handout Beriontasi Strategi Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika siswa kelas IV SDN 19 Nas Sabaris. Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia.

Tageh, M. I. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.203

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah