Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Gusmira Gusmira, Haryati Ahda Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel dan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa. Pendekatan dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs PP Saifullah. Pengambilan data dalam penelitian ini diperoleh dari pemberian tes soal kemampuan pemahaman konsep siswa agar dapat mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang dialami siswa tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada  15 orang siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep yang dikategori rendah, ada 12 orang siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep yang dikategori sedang, da nada 3 orang siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep yang dikategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa siswa tersebut memilki kemampuan pemahaman konsep yang berbeda dan termasuk dalam kata rendah.

Full Text:

PDF

References


Astuti, P. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMPN 4 Batang Gansal Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. PRISMA , 121-129.

Budiarti, C. D., Purwanto, S. E., & Hendriana, B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran M-Apos Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa . KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika , 15-22.

Ginting, I. R., & Sutirna. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Maju, 350-357.

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linearr Dua Variabel (SPLDV). Suska Jouernal Of Mathematics Education , 9-16.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Rahayu, S. (2012). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Pemaham Konsep Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mawaddah, S., & Marianti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MATH Jurnal Pendidikan Matematika , 76-85.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.198

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah