Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Prilaku Berberkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Subriadi Hasibuan, Ida Kamasih, Dian Armanto

Abstract


Tujuan Penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan prilaku karakter dan kemampuan berpikir kritis dengan pendekatan CTL dengan peserta didik yang belajar dengan pendekatan ekspositori dan terdapat ada interaksi pendekatan CTL dengan prilaku terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII Semester II MTs Al – Ittihadiyah pada materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain faktorial (design true experimental) independent variabeladalah pendekatan CTL dan prilaku berkarakter dan kemampuan berpikir kritis adalah dependent variable. Lokasi penelitian adalah MTs Al – Ittihadiyah Jalan Bromo Kota Medan, dengan sampel yang digunakan sebanyak dua kelas VIII masing-masing kelas berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes esai dan angket skala Likert dan teknik analisa data menggunakan IBM SPSS 22 for windows, dengan uji General Linier Models. Hasil Penelitian ini diketahui bahwa (a) terdapat pengaruh signifikan prilaku karakter dengan pendekatan CTL dengan peserta didik yang belajar dengan pendekatan ekspositori, (b) terdapat signifikan kemampuan berpikir kritis dengan pendekatan CTL dengan peserta didik yang belajar dengan pendekatan ekspositori dan (c) terdapat ada interaksi pendekatan CTL dengan prilaku karakter  terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII Semester II MTs Al – Ittihadiyah pada materi bangun ruang sisi datar

References


Abidin., 2016. Revitalisasi Penilaian Pembelajaran Dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke – 21. Bandung: PT.Refika Aditama

Arikunto., 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta. Penerbit Rineka Cipta

Fertiwi., Margiati., Suryani., 2014. Pengaruh Teori Belajar Van Hiele Terhadap Hasil Belajar Geometri Siswa SD. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar FKIP Untan Pontianak. Artikel Ilmiah. P:2

Happy dan Widjajanti., 2014. Keefektifan PBL Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis, Serta Self-Esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1 (1). P:56

Maryati dan Priatna., 2017. Integrasi Nilai-Nilai Berkarakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual.Jurnal “Mosharafa”, 6 (3). P:333

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sulianto, J. 2008. Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Phytagoras. 4(2) P:15

Shoimin, A. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Syahbana, A. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Edumatica. 2(2). P:45

Syukri., 2010. Pendidikan Berbasis Berkarakter Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Cakrawala. P:8




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v3i1.149

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah