Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Dengan Menggunakan Alat Peraga Mata Uang Logam di Kelas XII DPIB-2 SMK Negeri 5 Medan

Jerlas Lumbangaol

Abstract


Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan peluang suatu kejadian dan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media mata uang logam, sebagai salah satu alternative meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan peluang suatu kejadian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIIDPIB-2 SMK Negeri 5 Medan yang berjumlah 30 orang. Hasil analisis setelah dilakukan siklus I pada post test I, mempunyai rata-rata 65. Dimana dari 30 orang siswa 20 orang kategoti tidak tuntas. Kesulitan siswa dapat diketahui dari beberapa hal : (1) Siswa tidak tahu maksud soal, (2) Siswa tidak dapat membedakan ruang sampel dengan titik sampel, (3) Siswa  sering kurang konsentrasi dalam belajar. Hasil analisis setelah dilakukan siklus II pada post test II, mempunyai rata-rata 90. Dimana dari 30 orang siswa tidak ada yang dibawah kkm, bahkan sangat baik 25 orang. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa tidak diperlukan lagi ke siklus selanjutnya. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) Dalam belajar matematika harus menggunakan metode belajar untuk mempermudah siswa memahami materi yang diajarkan, (2) Penggunaan alat peraga yang sesuai dapat meningkatkan hasil belajar siswa

References


Ali, Muhammad, 2002. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.

Djamarah, Syaiful, Bahri, 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful, Bahri, dkk, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Depdiknas, 2004. Pedoman Umum Pengembangan Penilaiaan. Yogyakarta : Depdiknas.

Hudojo, Herman, 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang : IKIP.

Hanafiah, 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi 2008. Penelitian Tindakan Kelas, PT Bumi Aksara.

AqibZainal 2010,. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: CV Yrama Widya.

Dimyanti, Mudjiono 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto 2010, Belajar dan factor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana 2009.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Tim Dosen Matematika di SD 2008. Pengembangan bahan Ajar dan Media Matematika di SD. UNIMED. Medan

Simanjuntak, Lisnawaty, dkk, 1993. Metode Mengajar Matematika. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, 2002. Metode Statistika. Bandung : Tarsito




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v3i2.135

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah