Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatipe Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Teori Graf di UMN Al Washliyah

Dedy Juliandri Panjaitan

Abstract


Artikel ini mengemukakan tentang masih rendahnya minat mahasiswa dalam belajar teori graf serta penggunaan pendekatan belajar Matematika yang kurang tepat. Maka sebagai upaya meningkatkan hasil belajar teori graf, peneliti menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatipe Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar teori graf di UMN Al Washliyah. Dari analisis data yang diperoleh, diketahui rata-rata dan simpangan baku kelas eksperimen (X1) untuk data postes  13,63 dan  3,20 Untuk nilai rata-rata dan simpangan baku kelas  Control (X2), yaitu  10,7 dan  3,15. Dari analisis data dengan menggunakan uji t untuk data postes diperoleh thitung =  3,73 sedangkan ttabel =  1,65 ternyata thitung> ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada  Pengaruh antara hasil belajar  teroi garf mahasiswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan Model Pembelajaran Konvensional.

References


Istihapsari, V. (2017). Meningkatkan pemahaman konsep materi matematika SMP menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mahasiswa prodi pendidikan matematika UAD. AdMathEdu, 7(1), 83-98.

Panjaitan, D. J. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Riadin, A., & Fitriani, C. L. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1-5.

Rohman, N. (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ev Aluasi Pembelajaran Matematika IKIP PGRI Bojonegoro. LPPM STKIP PGRI Pacitan.

Saila, N. (2016). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada perkuliahan matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 2, pp. 208-216).

Septiani, I. T., & Qohar, A. (2020). Kerjasama Mahasiswa dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Kuliah Pengantar Aljabar. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 60-71.

Shoffa, S., & Suprapti, E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Metode Numerik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 178-188.

Widayanti, L., & Hakim, L. (2017). Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai upaya pendidikan karakter pada matakuliah operation research. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 78-89.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v4i1.133

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah