Hypothetical Learning Trajectory Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Rizky Habi Wandanu, Abdul Mujib, Firmansyah Firmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  menghasilkan perencanaan pembelajaran melalui lintasan belajar dengan penerapan pembelajaran matematika realistik pada materi teorema Phytagoras. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain, yang terdiri dari tiga tahap: preliminary design, experiment, dan retrospective analysis. Metode pengumpulann data yang digunakan adalah catatan lapangan, tes tertulis, serta wawancara tidak terstruktur. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dihasilkan lintasan belajar teorema Phytagoras untuk kelas VIII SMP yang valid dari segi karakteristik pendidikan matematika realistik. Dalam penerapannya, lintasan belajar yang dirancang sesuai dengan yang dihipotesiskan, dengan begitu siswa mampu menemukan kembali konsep-konsep dalam topik teorema Phytagoras

Full Text:

PDF

References


Ayunika, Elisabet. (2011). Pengembangan Hipotesis Trayektori Pembelajaran UntukKonsep Pecahan.Yogyakarta: PendidikanMatematika Universitas Sanata Dharma.

Bakker, A. (2004). Design research in statistics education: On symbolizing and computer tools (Doctoral dissertation).

Fauzan, A, dan Sari, O.C. (2017). “Pengembangan Alur Belajar Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education (RME)”. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unsiyah.

Gravemeijer, Koeno and Cobb, Paul. (2013). Design Research from the Learning Design Perspecctive. Dalam Jan Ven Den Akker, et. al. An Introduction to Educational Design Research. London: Routledge.

Gravemeijer, K. 1994. Educational Development and Developmental Research in Mathematics Education. Journal for Research in Mathematics Education, 25(5), hlm.443-471.

Hasil laporan PISA 2018 dirilis pada Selasa

(3/12/2019). Survei ini diselenggarakan

olehOrganisation for Economic Co

operation and Development (OECD)

fromhttps://news.detik.com.

Mulyana, Deddy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Panjaitan, D. J. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Risnanosanti. (2012). Hypothetical Learning Trajectory untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA di Kota Bengkulu. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan FMIPA UNY. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMB.

Sarumaha, Yenny Anggraeni. 2012. Design Reseach on Mathematics Eduction: Investigating theDevelopmentof Indonesia Fifth Grade Students in Learning Percentages. Palembang : FKIP Universitas Sriwijaya




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v3i2.106

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah