Pembelajaran Berbasis Masalah dan Self-Efficacy matematis Siswa

Muhammad Huda Firdaus

Abstract


Dalam kegiatan pembelajaran matematika sering ditemukan siswa/mahasiswa yang terlihat kurang yakin dengan kemampuannya atau kurangnya kepercayaan terhadap diri sendiri. Misalnya ketika siswa diminta menjawab/mengerjakan soal, biasanya siswa menoleh kekiri dan kenanan seakan mencari dukungan kepada teman disebelahnya. Siswa seakan tidak yakin bahwa akan mampu menjawab soal yang diberikan. Hal ini berkaitan dengan self-efficacy yaitu  keyakinan seseorang tentang potensinya untuk mengorganisasikan dan melaksanakan serangkaian tindakan yang diperlukan untuk mengendalikan situasi yang akan datang. Tulisan ini akan membahas  self-efficacy yang berkaitan dengan matematik. dan pembelajaran berbasis masalah (PBM), serta kaitan diantara keduanya.

References


Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (Ninth Edition). New York: McGraw-Hill.

Bandura, A. (1989). Human Agency in Social Cognitive Theory. American Psychologist, 44. [online] tersedia: http://www.des.emory.edu/mfp/ Bandura 1989.pdf

Bandura, A. (1997). Self- Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company

Bay, J. (2000). Linking Problem Solving to Student Achievement in Mathematics: Issues and outcomes [ online] tersedia: http://www.ncacasi.org//jsi/2000vli2/problem_ solving_3

Dewanto, Stanley P. (2007). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis Mahasiswa Melalui Belajar Berbasis masalah. Desertasi.

Hung, D. (2002). Situated Cognition and Problem-Based Learning: Implications for Learning and Instruction with Technology. Journal of interactive learning Research (2002) 13(4). [online]. Tersedia: http://www.eric.ed. gov/ERICWeb Portal/ recordDetail?accno=EJ664833

Pajares, Frank. (1996). Self-Efficacy Biliefs in Academic Setting. Review of Educational Research Winter. Vol 66. No. 4 pp 543 - 578

Pajares, F., & Kranzler, J. (1995). Self- Efficacy Bilief and general Ability in Mathematical Problem Solving. Contemporary Educational Psychology, 20, 426-443

Purwanto, A. 2015. Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Perilaku Menyontek Siswa. Yogyakarta: FIP UNY.

Subaidi, Agus. 2016. Self EfficacySiswa dalam Pemecahan Masalah Matematika, dalam Sigma, Vol. 01 No. 02

Sumarmo, Utari. (2007). Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Makalah tidak diterbitkan, PPs UPI Bandung.

Tan, Oon-Seng. (2004). Enhancing Thingking through Problem-Based Learning Approaches. Singapura: Thomson Learning

Trianto.(2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktiviki. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v3i1.100

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah